Jumat, 29 Januari 2010

PEMBANGUNAN NASIONAL

Sesuai dengan tyekadnya, pemerintah orde baru melaksanakan pembangunan nasional dalam usaha mewujudkan tujuan nasional bangsa indonesia yang di tegaskan dalam pembukaan UUD 1945. tujuan nya ialah terciptanya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila. untuk mewujudkan hal itu, perlu waktu yang lama. oleh karena itu, ada pembangunan jangka panjang yang dibagi dalam tahap-tahap.

pembangunan itu d laksanakan oleh pemeritah dan masyarakat melalui bbrp tahap. untuk itu diperlukan adanya pola dasar dan pola umum jangka panjang sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan itu.kedua pola itu adalah pola dasar pembangunan nasional dan pola umum pembangunan jangka panjang. keduanya dicantumkan dalam GBHN.

PROGRAM PELITA
pembangunan jangka panjang dilakukan secaea bertahap dan sambung-menyambung. setiap tahap berjangka waktu 5 tahun sehingga di sebut pembangunan 5 tahun (pelita).
pembangunan itu meliputi semua bidang kehidupan, yaitu bidang idiologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, & pertahanan keamanan.agar pembangunan itu merata di rasakan oleh seluruh rakyat, dalam pembangunan itu diterpkan wawasan nusantara. artinya kepulauan nusantara merupakan satu-kesatuan dalam berbagai bidang kehidupan tersebut.

adapun pelaksanan pelita yang telah dilaksanakan oleh pemerintah orde baru adalah sebagai berikut :
1. pelita I (1969-1974)
2. pelita II (1974-1979)
3. pelita III (1979-1984)
4. pelita IV (1984-1989)
5. pelita V (1989-1994)

Tidak ada komentar: