Minggu, 17 Januari 2010

Berita Ekonomi

2010, Mandiri Salurkan Kredit Mahasiswa Rp200 M

JAKARTA - Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan kredit untuk Wirausaha Muda Mandiri (WMM) pada tahun ini sebesar Rp200 miliar. Kredit tersebut disalurkan untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di kalangan mahasiswa.

"Penyaluran kredit tersebut meningkat dari pencapaian di akhir tahun 2009 sebesar Rp124 miliar. Kredit tersebut berbentuk Program Kemitraan Bantuan Langsung (PKBL) khusus bagi mahasiswa dengan bunga cuma 6 persen per tahun," ungkap Direktur Mikro dan Retail Banking Bank Mandiri Budi Sadikin selepas Media Gathering di Hotel Grand Melia Jakarta.

Sepanjang 2007-2008, penyaluran kredit PKBL Bank Mandiri sudah disalurkan kepada 4.900 nasabah serta kepada 50 finalis program WMM. Untuk 2010 ini, Bank Mandiri akan meningkatkan kredit PKBL-nya untuk 300 finalis WMM se-Indonesia.

Sementara itu, untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia, Bank Mandiri juga meluncurkan modul kewirausahaan untuk mahasiswa Indonesia. Modul tersebut rencananya akan diterapkan di 6 perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi 10 November (ITS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Modul tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi pada mata kuliah kewirausahaan di PTN seluruh Indonesia," tambah Budi.

Rencananya, modul kewirausahaan ini akan diserahkan secara simbolis kepada 6 rektor universitas yang turut menyusun modul tersebut pada 22 Januari 2010. Bertepatan pada tanggal tersebut, Bank Mandiri akan menganugerahkan Penghargaan Pemenang WMM 2010 serta peresmian Wirausaha Mandiri Expo di Jakarta Hilton Convention Center Jakarta.

Setiap modul wirausaha tersebut berisi dengan soft skill, manajemen usaha, rencana usaha sederhana, perencanaan bisnis serta praktek memulai usaha di lapangan. Selain itu terdapat juga compact disc (CD) yang memuat profil pengusaha muda yang sebagian besar pemenang WMM sebelumnya.

Di antaranya adalah Hendy Setiono (pendiri dan pemilik Kebab Turki Baba Rafi), Elang Gumilang (Pendiri dan pemilik usaha properti Rumah Sehat Sederhana) dan Henky Eko Sriyantono (Pendiri dan pemilik jaringan Bakso Malang Cak Eko).
(Didik Purwanto/Koran SI/css)

SUMBER: OKEZON.COM

Tidak ada komentar: